Minggu, 22 Maret 2015

Perusahaan Provider Indonesia

Pusat data (Bahasa Inggris: data center) adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah



Berdasarkan fungsinya, data center dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu:



1. Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.

2. Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.




Perancangan Pusat Data yang IdealSunting



Ketersediaan Data center diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti atau tidak. Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero-failure untuk seluruh komponennya.

Data center menyimpan berbagai aset perusahaan yang berharga, oleh karenanya sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non-fisik. Kriteria perancangan sebuah data center secara umum antara lain adalah:



1. LOKASI

a. Berada di luar radius mitigasi bencana/gunung berapi (>15km)

b. Tidak berada dalam jalur patahan geologi

c. Jika merupakan data center untuk Disaster Recovery, minimum berjarak > 40km dari data center utama

d. Cukup tersamarkan dari pengenalan publik (tidak ekspose)



2. SARANA PENUNJANG

a. Generator listrik cadangan

b. Catuan PLN, dengan minimum 2 sumber pembangkit yang berbeda untuk tier tinggi

c. Uninterruptible Power Supply (UPS), dengan baterai berkapasitas memadai yang mampu menyediakan pasokan daya sebelum Genset dihidupkan

d. Pengatur udara (HVAC, Heating, Ventilation, and Air Conditioning), yang mampu menjaga suhu dan kelembaban

e. Sistem Pentanahan (Grounding), tahanan pentanahan terintegrasi < 0,5 ohm



3. KOMUNIKASI

a. Memiliki koneksi komunikasi data network lebih dari 1 sumber dengan lebih dari 1 operator untuk tier tinggi

b. Jika diperlukan, penyiapan koneksi komunikasi data dapat menggunakan akses satelit

c. Penyiapan jalur komunikasi untuk kordinasi dan komando, misal menggunakan Radio HF/SSB

d. Pengamanan jalur komunikasi untuk menjaga confidentiality suatu data /informasi



Telkomsel Dukung Komunitas Paling Indonesia



Komitmen Telkomsel untuk mendukung karya dan kebudayaan anak-anak bangsa tiada henti digelar. Kali ini Telkomsel mendukung komunitas digital yang bertajuk Komunitas Paling Indonesia. Sejak berdiri setahun lalu, hari ini website palingindonesia.com diperkenalkan kepada masyarakat secara resmi disertai dengan launching program 33 Minggu Paling Indonesia.

Dukungan Telkomsel untuk membaktikan diri kepada Indonesia telah diwujudkan dalam berbagai aspek. Sebagai perusahaan milik bangsa, Telkomsel juga turut mendukung upaya-upaya pelestarian budaya dan warisan keluhuran Indonesia.  Komunitas Paling Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2011, merupakan komunitas kreatif anak-anak negeri yang melakukan upaya-upaya melalui dunia digital dan sosial media untuk mengumpulkan khazanah kekayaan budaya Indonesia. GM Corporate Communication Telkomsel, Ricardo Indra mengungkapkan,”Komunitas Paling Indonesia ini merupakan komunitas yang dibentuk oleh Indonesia dan untuk Indonesia. Telkomsel sendiri memiliki tujuan yang sama yaitu Telkomsel Paling Indonesia, untuk itulah kami mendukung penuh kegiatan dan komunitas ini. Upaya ini merupakan wujud kepedulian Telkomsel untuk turut serta menjaga dan memelihara kebudayaan bangsa Indonesia.”

Selain itu, komunitas ini adalah komunitas digital, dan karena Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi seluler yang terbaik di Indonesia. Kami mendukung penuh komunitas Paling Indonesia baik dari sisi aktivitas maupun dari sisi layanan serta jaringan terbaik.

Telkomsel yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan nomer tujuh di dunia, telah mampu menjangkau 97% populasi di seluruh Indonesia dengan 44.000 ribu BTS. Dengan visi menjadi best and leading mobile lifestyle and solutions provider in the region, Telkomsel menggandeng Komunitas Paling Indonesia yang menjalankan aktivitas sehari-harinya melalui digital. Telkomsel menyadari bahwa gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini tidak lagi dibatasi waktu dan tempat sehingga wadah digital kreatif yang menarik menjadi kebutuhan sekaligus daya tarik.

Komunitas Paling Indonesia memiliki kesamaan tujuan dengan Telkomsel, yaitu menyatukan dan mewadahi anak-anak bangsa yang memiliki kepedulian terhadap budaya dan keindahan tanah air. Komunitas ini memiliki wadah digital melalui www.palingindonesia.com yang telah dikunjungi lebih dari 40.000 visitor setiap bulannya. Lewat jejaring sosial twitter @palingindonesia dan facebook palingindonesia, telkomsel telah memiliki lebih dari 21.000 fans dan lebih dari 9.000 follower.

Pikukuh PT, Ketua Komunitas Paling Indonesia menjelaskan, “Tahun ini dengan dukungan penuh dari Telkomsel kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak bagi Indonesia. Kami menggelar program 33 minggu paling Indonesia yang merupakan ajang menulis tentang kebudayaan, wisata, kuliner, warisan, prestasi dan berbagai kebanggaan lain untuk Indonesia. Ujungnya kami akan menelurkan sebuah e-book bilingual yang dapat diunduh gratis hingga berbagai budaya indonesia yang telah tersaji apik ini dapat dinikmati hingga mancanegara.”

Melalui komunitas terbesar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 107 juta pelanggan, tentu saja Telkomsel mampu mendukung aktivitas komunitas Paling Indonesia dengan akses komunikasi melalui jaringan yang handal dan terpercaya. Hari ini Telkomsel juga mendukung Komunitas Paling Indonesia dalam menggelar program 33 Minggu Paling Indonesia. Program 33 Minggu Paling Indonesia ini dikemas dengan menarik untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menyumbangkan informasi seputar kebudayaan dan warisan Indonesia melalui website www.palingindonesia.com. Hasil karya seluruh bangsa ini akan dikompilasi ke dalam e-book yang dapat diakses secara gratis.

“Dengan menggandeng Komunitas Paling Indonesia ini, kami berharap dapat turut serta mendorong generasi muda untuk terlibat aktif dalam mempromosikan budaya dan bangsa kepada seluruh masyarakat Indonesia maupun ke mancanegara. Kami berharap website www.palingindonesia.com menjadi rujukan bagi seluruh pihak yang ingin mengetahui kekayaan bangsa, karena website ini bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja.

sumber http://amalbhs.blogspot.com/2015/03/aspek-perusahaan-provider-di-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.