Peran E-Commerce dalam Ekonomi Aktif
Berkembangnya
dunia maya maka berkembang pula lah berbagai bentuk macam web ataupun blog.
Kemudian mulai muncullah berbagai macam iklan , dari berbagai alamat web yang
menawarkan pemasangan iklan juga request pemasangan iklan.
Dengan
adanya iklan diberbagai dunia maya ini , memberikan banyak pendapatan,
pendapatan yang didapatkan pun berbeda-beda sesuai dengan dari mana tempat kita
request pemasangan iklan.
Dengan cara
ini, perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia.
Pengertian E-Commerce
E-commerce
merupakan istilah yang kini banyak didengar. Menurut whatis.com mengartikan
e-commerce bahwa e-commerce itu pembelian dan penjualan barang atau jasa yang
saling berhubungan dengan internet khususnya world wide web .
Pada
website e-commerce net, e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / jasa
melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis
diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia , kebijakan-kebijakan
pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.
Menurut
Donna Perry , pengertian e-commerce yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis
secara elektronik melalui computer , fax, telepon , dsb. Menurutnya untuk
menjual barang/ jasa di internet , perusahaan membutuhkan :
·
Komputer , bukan hanya beberapa computer ,
tetapi dibutuhkan sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi
yang memungkinkan secure socket layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman.
Server ini harus benar-benar stabil.
·
Merchant account yang diperoleh memalui sebuah
bank / intitusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit
sebagai bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah
intitusi yang mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan
pemrosesan transaksi online secara real-time.
·
Website , sebuah website e-commerce.
Peran
E-Commerce Dalam Perekonomian Masa Kini di Papua
Saya ambil
contoh peran e-commerce dalam ekonomi aktif di papua. Pesatnya
perkembangan teknologi informasi terutama internet di Papua telah membawa
perubahan di segala bidang. Dengan adanya e-commerce, diharapkan
kakayaan alam, budaya, pendidikan dan pariwisata dapat lebih dieksplorasi
supaya dunia dapat mengetahui potensi Papua sebagai tujuan investasi maupun
tujuan wisata.
Dikarenakan oleh kondisi geografis Papua yang
sangat ekstrim dan menjadi kendala bagi orang dari berbagai daerah untuk saling
bertemu, e-commerce merupakan alternatif bisnis yang mempunyai prospek
sangat baik dengan segala kemudahannya. Hal ini dimungkinkan karena pihak
penjual (merchant) maupun pembeli (buyer) dalam proses negosiasi
tidak memerlukan proses pertemuan yang terhalang oleh letak geografis dan waktu
serta harga dapat di update secara cepat dengan harga yang semakin
kompetitif.
Untuk keamanan dalam setiap transaksi e-commerce
misalnya menggunakan kartu kredit ataupun nomor rekening maka akan
disandikan (encription) supaya pihak ketiga atau yang sering kita kenal
dengan cyber crime dapat diminamilisir aksi kejahatanya. Perkembangan e-commerce
di Papua masih tergolong lambat, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor
diantaranya:
Infrastruktur internet yang belum memadai,
misalkan jaringan fiber optic yang belum sampai di wilayah Papua
sehingga sering terjadi gangguan dan tergantung cuaca
Perkembangan infrastruktur kota dan kabupaten yang lambat misalnya di
daerah-daerah pengunungan yang akses telepon saja masih sulit apalagi untuk
internet.
Kurangnya sumber daya manusia (SDM) di Papua
yang benar-benar menguasai sistem e-commerce ini secara menyeluruh, yang tidak
saja menguasai secara teknis juga non-teknis seperti sistem perbankan, lalu
lintas perdagangan hingga sistem hukum yang berlaku. Salah satu alasan yang
cukup utama yaitu masih kurangnya ketersediaan informasi, mulai dari buku-buku
referensi, jurnal, majalah/tabloid yang membahas tentang e-commerce juga sarana
pendidikan, seminar, workshop hingga pusat-pusat pengembangan yang dibangun
antara pemerintah, pusat-pusat pendidikan dan tenaga ahli di bidang e-commerce.
Sistem jaringan pengiriman yang baik dan aman
masih belum terwujud, hal ini dikarenakan situasi kemanan di Papua yang kurang
kondusif.
Sedangkan peluang-peluang yang ada, kesemuanya itu tentunya diharapkan
memberikan energi atau semangat khusus bagi semua pihak bahwa sebenarnya e-commerce
dapat menjadi solusi baru bagi ketertinggalan kita di semua bidang selama ini,
seperti:
Kekayaan alam Papua yang melimpah serta
keindahan alamnya sebagai tujuan wisata bisa dipromosikan melalui e-commerce.
Kondisi geografis Papua yang sangat mendukung berkembangnya e-commerce.
Dengan sulitnya mengakses daerah-daerah di Papua, Ie-commerce merupakan jalan
terbaik untuk bertransaksi maupun mempromosikan barang dan jasa.
Begitu banyaknya bahan alam yang dapat diolah
menjadi produk nasional yang dapat dipromosikan baik di dalam maupun luar
negeri.
Begitu banyaknya adat-istiadat dan budaya yang ada di Papua, merupakan
sumber inspirasi bagi perkembangan usaha kerajinan yang dapat menjadi sumber
perdagangan dan komoditi pariwisata jika dikelola dengan baik.
Mengingat begitu pentingnya e-commerce
merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah
untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing
ekonomi nasional. Diperlukan upaya bersama untuk:
Sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce Indonesia di Papua.
Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi e-commerce.
Peningkatan kualitas produk lokal menjadi nasional agar dapat memenuhi
standar internasional dalam menembus pasar global.
Seiring berjalannya waktu dan semakin
memadainya SDM yang siap di Papua, infrastruktur juga terus ditingkatkan oleh
pemerintah dengan e-commerse ini kekayaan dan keindahan alam Papua bisa
tereksplor sehingga ekonomi masyarakat Papua diharapkan akan semakin
baik. (BI/Cend)
Tantangan
E-Commerce di Masa Depan
Revolusi
digital merubah peran pemerintah dan sector swasta. Diakhir abada ke-19 dan
memasuki era abad ke-20 , pemerintah memegang peran penting dalam membantu
pembangunan dan secara aktif mengatur infrastruktur negara. Negara federasi dan
negara bagian menggabungkan dana untuk membangun dan memelihara system jalan
raya antar negara bagian , dibidang komunikasi , pemerintah telah memberikan
monopoli ke perusahaan dan mengatur industrinya setelah pemberian tersebut
dihentikan. Banyak perusahaan besar diatur monopolinya ditingkat negara bagian
atau negara federasi.
Perkembangan
teknologi yang luas dan lingkungan tiada batas yang diciptakan untuk internet
membawa paradigma baru bagi pemerintah dan tanggung jawab sector swasta.
Membuat suatu kondisi yang optimal untuk ekonomi digital baru membutuhkan
sesuatu yang baru , pendeketan sangat terbatas untuk mempersiapkan
aturan-aturan.
Daftar pustaka:
1. http://idemedia.athost.net
2. http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/pengetahuan/umum/teknologi-informasi/peran-e-commerce- dalam-perekonomian-masa-kini-di-papua/
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.